Perbedaan BPJS Kesehatan Dengan Asuransi Swasta

Sejak pertama kali di buka januari 2014 bpjs sudah mendapatkan peserta lebih dari 150juta peserta di indonesia,bpjs menjadi tumpuan harapan banyak orang agar bisa mendapatkan kesehatan walaupun sampai saat ini terkadang masih ramai soal pro kontra namun sudah banyak yang merasakan manfaat dari bpjs,memang kita semua mengakui karena bpjs masih tergolong baru masih banyak yang harus di benahi dan di atur rapi lagi agar kelak menjadi lebih baik.

beda bpjs

Sesuai undang undang dan peraturan pemerintah pendaftaran bpjs untuk warga indonesia itu bersifat wajib,nah lalu apakah jika kita sudah punya asuransi swasta harus daftar bpjs? jawabanya iya kan wajib namun anda juga boleh menambah asuransi swasta pilihan anda sendiri.

Berikut 5 perbedaan asuransi swasta dengan bpjs kesehatan

1.Biaya iuran/premi

Dalam hal iuran bpjs lebih murah untuk asuransi swasta paling murah rata rata 200ribu untuk bpjs iuran atau premi kelas 3 25.500 kelas 2 51.000 kelas 3 80.000 perbulan jelas secara perbandingan bpjs lebih murah walaupun mungkin pemerintah menaikan iuran saya berani pastikan naiknya tidak terlalu banyak,karena bpjs milik pemerintah dan punya peserta yang banyak jika menaikan banyak gelombang protes akan meledak.

2.Sistem Berobat

Untuk peserta bpjs sistem berobatnya adalah berjenjang mulai dari faskes1 setingkat puskesmas atau klinik jika nanti perlu dirujuk baru bisa ke rumah sakit atau faskes lanjutan kecuali gawat darurat,jadi jika anda langsung ke rumah sakit tanpa rujukan dan tanpa kriteria gawat darurat anda tidak dijamin bpjs.

Jika swasta maka langsung ke rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi maupun tidak,bisa langsung berobat cover bisa cashles maupun reimbushment.

Jika anda salah satu kriteria orang yang ingin pelayanan cepat mungkin asuransi swasta bisa menjadi solusi.

3.BPJS Di indonesia

Nah untuk anda yang suka traveling ke luar negeri jika anda sakit maka bpjs anda tidak bisa untuk berobat saat ini bpjs hanya berlaku di indonesia,tentu berbeda dengan asuransi swasta misalnya saja inisial P dan Manu dengan asuransi swasta tersebut sudah banyak rumah sakit di luar negeri yang bekerja sama dengan asuransi swasta.

4.Antrian Membludak

Hampir semua rumah sakit yang bekerja sama dengan bpjs kamar sering penuh dan juga antrian klinik selalu penuh sangat berbeda dengan asuransi swasta yang cenderung lebih longgar antrian tidak terlalu banyak

5.pre existing condition

Hampir semua penyakit ditanggung bpjs mau kronis mau bawaan mau penyakit berat hampir semua di tanggung bpjs dan sangat berbeda dengan asuransi swasta yang belum tentu mau menerima pendaftaran peserta yang sudah punya penyakit kronis,itulah kelebihan bpjs

Kesimpulan

setelah membaca artikel diatas sudah paham kan beberapa perbedaan bpjs di banding asuransi swasta lainya,intinya jika anda berpenghasilan pas pasan cukup bpjs kesehatan saja jika anda golongan menengah ke atas saya sarankan punya bpjs dan asuransi swasta manfaatnya akan double dan tentu lebih aman dan tenang karena siapapun tidak akan berharap sakit.

 

Mungkin anda mencari:

  • perbedaan bpjs dan asuransi swasta
error: Content is protected !!