Cara Menambahkan Keluarga Yang Belum Terdaftar BPJS

Dalam aturan undang undang bahwa warga indonesua wajib ikut atau daftar bpjs kesehatan walaupun sudah punya asuransi swasta saya pribadi berharap semua ikut bpjs kesehatan.karena bpjs adalah asuransi yang murah dan dapat mencover hampir semua sakit dan penyakit.jika anda adalah kepala keluarga dan didalam satu keluarga ada 5 orang maka wajib bagi anda untuk mendaftarkan semua.

Perubahan data seperti penambahan anggota atau pengurangan anggota selalu bisa terjadi misalnya kelahiran anank anda ataupun pisah kartu keluarga karena sudah menikah.untuk penambahan anggota dan pengurangan anggota bpjs tidak bisa dilakukang secara online karena memang membutuhkan dokumen pendukung agar tidak salah dan juga ganda.

Jika ada bagian dari keluarga anda yang belum terdaftar bpjs saya sarankan untuk segera mendaftarkan atau menambahkan karena jika nantinya sakit anda akan repot sendiri karena prosedur pendaftaran kartu akan aktif setelah 14 hari sejak pendaftaran bpjs maka dari itu segeralah untuk menambahkan anggota anda.

Tidak hanya anak yang bisa didaftarkan anda juga bisa menambahkan mungkin orang tua anda atau mertua tinggal nanti tipe bpjs apa yang anda gunakan.untuk penambahan anggota silahkan langsung ke kantor bpjs terdekat di kota anda.

CARA MENAMBAHKAN ANGGOTA KELUARGA BPJS

Tipe kepesertaan bpjs dibagi menjadi peseta mandiri dan PPU (pekerja penerima upah)Untuk menambahkan anggota bpjs mandiri prosedurnya sebagai berikut:

Dokumen pendukung untuk disiapkan

1. Kartu Keluarga (KK)
2. KTP (bagi yang sudah memiliki ktp) untuk bayi akte kelahiran
3. Foto berwarna ukuran 3×4 (kecuali balita)
4. Bukti kepemilikan rekening bank (BNI, BRI atau mandiri BTN)

Bawa dokumen diatas ke kantor bpjs di kota anda ambil nomor antrian perubahan data minta formulir dan di isi.setelah itu akan diberikan no VA dan nomor bank untuk pembayaran iuran pertama nah setelah 14 hari kartu anda akan aktif jangan lupa kartu aktif setelah anda melakukan pembayaran iuran pertama.

UNTUK PESERTA BPJS PPU

Untuk anda peserta bpjs PPU atau yang dapat bpjs dari kantor atau tempat kerja anda bisa menambahkan bpjs lewat HRD kantor anda yang mengurusi bpjs

Pekerja dapat mendaftarkan anggota keluarga tambahan, yaitu anak ke-4, dan seterusnya, serta orangtua-mertua, dengan iuran sebesar 1% dari gaji/upah atau peserta dapat langsung mendaftar ke kantor cabang BPJS Kesehatan atas dasar surat Keterangan dari Badan Usaha yang menerangkan Badan Usaha memang menjamin anak> 4 dan keluarga di luar non inti. Surat keterangan yang dikeluarkan Badan Usaha harus asli dan di cap serta ditandatangani oleh HRD atau PC Badan Usaha.

Persyaratan adalah sebagai berikut:
Asli/fotocopy daftar gaji yang dilegalisasi oleh pimpinan unit kerja
Asli/fotocopy kartu keluarga dan KTP Elektronik
Asli/fotocopy SK Terakhir yang dilegalisasi
Foto 3×4 – Mengisi formulir tambahan isian peserta
Asli nomor rekening pada buku tabungan (bri/bni/mandiri)

Namun, jika perusahaan anda tidak menanggung keluarga non inti seperti anak ke 4, mertua, orang tua dan anggota keluarga lainnya, maka anggota keluarga tersebut bisa didaftarkan menjadi peserta BPJS mandiri.dengan begitu anda lebih tenang karena semua di cover bpjs kesehatan.

UNTUK PESERTA BPJS PBI/kurang mampu/KIS

Untuk anda yang peserta bpjs PBI atau dibayari pemerintah atau mohon maaf kurang mampu atau juga sekarang kartu KIS anda juga bisa menambahkan anggota keluarga misalnya karena kelahiran atau mertua anda atau mungkin keluarga lain.

Untuk menambahkan anggota anda harus mendapatkan surat rekomendasi dari dinas sosial setempat.sebelum melangkah jauh pastikan nama anggota keluarga yang ingin ditambahkan sudah masuk ke kartu kelurga anda lalu bawa KTP jika masih bayi bisa akte kelahiran lalu foto 3×4 dan KK bawa ke dinas sosial dan jika sudah mendapatkan surat rekomendasi bawa ke kantor bpjs.ikuti prosedur yang berlaku.

semoga bisa membantu.

Mungkin anda mencari:

  • persyaratan pengurusan BPJS di kota padang-sumbar
error: Content is protected !!