Apa Itu E-ID BPJS Kesehatan – Panduan Lengkap

e id bpjs

Banyak sekali teman teman yang bingung soal E-ID biasanya bingung muncul ketika sudah mendaftar bpjs secara online berikut tulisan pembahasan seputar E-id semoga bisa membantu.

Apa itu E-ID

E-Id sendiri berasal dari kata Electronic Identification atau dalam bahasa kita menyebutnya identitas elektronik yang dikeluarkan oleh pihak tertentu atau lembaga tertentu untuk berbagai tujuan.

di dalam BPJS Kesehatan sendiri telah diberlakukan E-Id guna mengakomodir para peserta yang melakukan pendaftaran secara online sehingga tidak perlu antri ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan kartu BPJS karena antara E-Id dan kartu BPJS Kesehatan memiliki fungsi dan manfaat yang sama.

meski kita tetap bisa menukarkan E-id dengan Kartu BPJS Kesehatan melalui kantor BPJS terdekat, namun jika belum memiliki waktu sebaiknya tetap menggunakan E-Id.

Apakah E-Id BPJS Kesehatan bisa di gunakan di rumah sakit ?

Tentu Bisa E-Id digunakan di Rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan menunjukkan E-Id dan EKtp yang berlaku, namun sesuai sistem rujukkan yang di anut sebaiknya kita ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama dahulu untuk mendapatkan pelayanan. jika memang peserta perlu mendapatkan rujukan maka Faskes TK 1 akan mengeluarkan surat rujukan baru bisa ke Rumah sakit.

solusi jika Terjadi Kesalahan Data Ketika daftar BPJS Online

Apabila Anda Mengalami Kesalahan penginputan data ketika melakukan pendaftaran Online, maka untuk melakukan perubahan data tidak bisa melalui Online namun kita harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk merubahnya.

Segera lakukan perubahan jika mengalami hal tersebut, jangan menundanya karena jika tiba-tiba anda ingin menggunakan E-Id akan mempersulit prosesnya.

Jika ingin melakukan perubahan sebaikknya membawa dokumen pendukung seperti Copy Ektp,KK dan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.

Mengapa Link E-Id BPJS tidak bisa di klik

Beragam layanan email yang di gunakan peserta mendaftar seringkali mendeteksi server BPJS Kesehatan sebagai spam, sehingga email konfirmasi yang dikirimkan ketika mendaftar BPJS Kesehatan Online masuk kedalam folder junk atau spam hal ini tentu saja membuat link aktivasi tidak bisa di klik. agar link bekerja maka peserta harus memindahkan email konfirmasi dari folder spam ke inbox.

begitu juga bagi anda yang sudah mendaftar online namun belum mendapatkan email konfirmasi sebaikknya periksa folder junk atau folder spam. dikarenakan beberapa profider layanan email memperlakukan email konfirmasi secara berbeda – beda.

E-Id yang di download kosong ( blank )

Jika Anda mendapati E-Id kosong berupa logo atau bahkan blank putih tidak ada identitas peserta didalamnya kemungkinan tersebut terjadi dikarenakan ada beberapa kesalahan ketika penginputan data peserta.

ada yang terlewat atau kesalahan seharusnya berupa nomor di isi dengan text atau huruf. belum terinputnya fasilitas kesehatan tingkat I bisa menyebabkan hal ini terjadi.

saran kami periksa betul – betul form pengisihan apa yang di minta serta sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya pastikan kembali data yang diisikan sudah sesuai. karena jika sudah terjadi e-Id blank atau kosong anda hanya bisa membetulkannya ke kantor BPJS terdekat.

Adakah Perbedaan E-Id BPJS Kesehatan dengan kartu BPJS Kesehatan

dari sisi fungsi antara E-Id BPJS Kesehatan dengan kartu BPJS Kesehatan tidak memiliki perbedaan keduanya merupakan identitas valid yang resmi dikeluarkan oleh BPJS kesehatan sehingga bisa di pergunakan untuk memperoleh layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. sehingga anda tidak perlu khawatir tidak harus menukarkannya dengan Kartu BPJS Kesehatan.

Dan perlu diketahui E-Id tidak perlu dicetak warna , cukup di cetak dengan tinta hitam putih dengan kertas HVS A4/F4 biasa tetap berlaku.

E-Id tidak bisa di download

E-Id hanya bisa di download setelah anda melakukan pembayaran angsuran pertama, sehingga jika anda belum melakukan pembayaran maka E-Id tidak bisa di klik.

Kapan E-Id Berlaku ?

Seperti peraturan baru E-Id berlaku setelah masa tunggu 14 hari dari tanggal pembayaran iuran Pertama.

Waspada E-Id BPJS Kesehatan Palsu !!

Adanya E-Id untuk memberi kemudahan bagi peserta yang melakukan pendaftaran BPJS online seringkali dimanfaatkan oknum untuk melakukan penipuan dengan menerima jasa pendaftaran dengan memberikan E-Id palsu hasil editan yang tidak terdaftar resmi pada server BPJS Kesehatan.

untuk mengetahui apakah E-Id anda palsu atau tidak bisa dengan melakukan cek pembayaran tagihan melalui SMS atau ke ATM ( lebih disarankan ) jika no E-Id terdaftar maka ATM akan memberitahukan jumlah tagihan anda.

Jika Melalui SMS pastikan mengirimkan ke Nomor center BPJS kesehatan , bukan nomor lain.

Demikian ulasan mengenai E-id BPJS Kesehatan semoga bisa menambahkan manfaat bagi para peserta BPJS kesehatan. sekali lagi kami ingatkan untuk melakukan pengecekan ulang data – data yang di input agar tidak terjadi kesalahan.

Mungkin anda mencari:

  • apakah bpjs bisa bayar seluruh indonesia